Saturday 12 November 2011

Grooming Mencegah Rambut Gimbal



Tujuan dilakukan Grooming yaitu menghilangkan bulu mati dan menyisirnya. Waktu yang diperlukan hanya butuh 10-20 menit. Hal ini dilakukan untuk merawat rambut agar tidak gimbal, terutama kelinci berambut panjang seperti Anggora, American Fuzzy Lop, Lion dll. Setelah dilakukan grooming rambut akan menjadi indah dan sehat.

Rambut yang gondrong perlu dipotong. Bagi kelinci berambut panjang yang belum pernah dicukur, perlu dilakukan pemotongan total. Tak perlu gundul, sisakan 1-2 cm. Rambut akan tumbuh dengan bagus. Satu siklus pertumbuhan rambut kelinci 6-12 bulan. Pencukuran maksimal 2 kali dalam setahun.

Setelah rambut tumbuh bagus, pencukuran total tidak perlu lagi. Cukup rapikan bulu 2-3 bulan sekali. Pertumbuhan bulu cukup pesat apabila makanannya berkualitas. Pemotongan meliputi area mulut,kaki dan anus . Agar tidak menganggu waktu makan dan jalan. Juga tidak kotor waktu buang air besar dan kencing.



Beberapa peralatan mandi kelinci :
  1. Dua buah bak mandi
  2. Alat keramas ( perlak bayi )
  3. Sampo
  4. Handuk bersih dan hair driyer
  5. Sisir
  6. Bedak
  7. Cadangan air hangat
  8. Cotton bud, baby oil dan gunting kuku
Kelinci dapat dimandikan apabila berumur diatas 3 bulan. Kalu belum cukup umur jangan dimadikan dulu, karena struktur tubuhnya belum sempurna. Kalau belum bisa mandi, coba dibiasakan mengenal air secara bertahap. Awalnya cukup dilap dengan air hangat. Setelah tenang dan suka , baru boleh dibasahi. Yang terpenting saat melakukan Grooming/mandi kondisi harus dipastikan kondisi sehat dan baik.

Hal - hal yang perlu diperhatikan dalam memandikan kelinci :
  1. Jangan memaksa kelinci yang tak mau mandi
  2. Gunakan air hangat untuk mandi
  3. Gunakan shampo bayi atau shampo kucing
  4. Jangan merendam kelinci yang belum biasa mandi
  5. Air jangan sampai masuk hidung atau telinga
  6. Keringkan segera setelah mandi

0 comments:

Post a Comment