Jumat, 09 September 2011

Perlukah kelinci minum?

Perlukah kelinci minum?



Setiap makhluk hidup butuh air minum. Air minum itu selain penghilang haus juga sebagai pemasok cairan tubuh yang memang membutuhkan. Bahkan tubuh makhluk hidup seperti manusia dan hewan itu 70 persen lebih terdiri dari air minum. Maka kelinci jelas sangat butuh air minum. Bodohlah yang mengatakan bahwa kelinci jangan diberi air minum. Lebih bodoh lagi kalau yang mengatakan kelinci bisa mati dikasih air minum,-kecuali jika dikasih minum racun.


Ada yang bilang, kelinci yang sudah diberi rumput tidak perlu diberi air minum. Dengan kata lain, air minum diperlukan bagi kelinci yang hanya diberi pelet sepanjang hari. Teori ini berpangkal dari pemahaman bahwa dalam rumput sudah banyak kandungan air minum. Itu benar adanya karena rumput segar memang terdapat kandungan 80 persen air. Tetapi harus diingat bahwa rumput untuk kelinci itu tidak baik diberikan dalam kondisi segar, alias harus sudah layu. Dalam kondisi layu kandungan air dalam rumput paling hanya sekitar 10-15 persen. Tentu kadar airnya minim. Mestinya air minum tetap diberikan dengan dua alasan, bahwa selain tubuh membutuhkannya, kelinci juga sering harus, terutama pada siang hari atau sehabis makan.

Ngomong-ngomong, kalau kita sudah makan bakso dua mangkok apakah dengan begitu tidak butuh minum?

Tapi kelinci kan beda dengan manusia? Lagian kelinci juga hidup tanpa air minum. Tuh para petani juga enggak kasih air minum.

Siapa bilang sama?

Ingat, soal minum meminum itu bukan urusan manusia saja. Dinasehati kok ngeyel. Malah percaya sama orang-orang yang tidak tahu menahu soal kelinci. Tanya dipinggir jalan ya sesat. Kalau tanya itu sama ahlinya. Urusan minum itu juga bukan soal hidup atau mati. Kita tidak minum juga tidak mati. Paling stress, kurus, kurang sehat, sakit ginjal dan gampang kena penyakit lain karena pencernaan tidak berjalan secara baik. Paham tidak? Kalau masih ngeyel ya silahkan, biar ternaknya seperti milik para petani tradisional yang tidak produktif itu. Diajak ternak pakai ilmu kok susah sih. Kapan mau maju!

Eit, perlu ditambahkan, kalau kasih minuman itu usahakan jangan pakai mangkok atau kaleng terbuka. Itu sering jadi masalah karena bisa jadi sumber penyakit. Pakai botol akan lebih aman karena air tidak akan kemasukan kotoran.Perlukah Kelinci Minum

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar